Yang Pertama dari Sepakbola

Klub Sepakbola Pertama

Klub sepakbola sudah ada sejak abad ke-15, tetapi tidak terorganisir dan tanpa status resmi. Oleh karena itu sulit untuk memutuskan mana klub sepakbola pertama. Beberapa sejarawan berpendapat bahwa itu adalah Foot-Ball Club yang dibentuk tahun 1824 di Edinburgh. Klub sebelumnya sering dibentuk oleh mantan siswa sekolah dan yang pertama dari jenis ini dibentuk di Sheffield pada tahun 1855. Yang tertua di antara klub sepak bola profesional adalah klub Inggris Notts County yang dibentuk pada tahun 1862 dan masih ada sampai sekarang.

Langkah penting untuk kemunculan tim adalah industrialisasi yang menyebabkan kelompok orang yang lebih besar bertemu di tempat-tempat seperti pabrik, pub dan gereja. Tim sepak bola didirikan di kota-kota besar dan jalur kereta api baru bisa membawa mereka ke kota-kota lain.

Pada awalnya, sepak bola didominasi oleh tim sekolah umum, tetapi kemudian, tim yang terdiri dari pekerja akan menjadi mayoritas dari mereka. Perubahan lain terjadi berturut-turut ketika beberapa klub bersedia membayar pemain terbaik untuk bergabung dengan tim mereka. Ini akan menjadi awal dari periode transisi yang panjang, bukan tanpa gesekan, di mana permainan akan berkembang ke tingkat profesional.

Motivasi di balik pemain yang membayar tidak hanya untuk memenangkan lebih banyak pertandingan, tetapi pada tahun 1880-an minat dalam permainan telah bergerak maju ke tingkat tiket yang dijual ke pertandingan. Dan akhirnya, pada tahun 1885 sepakbola profesional dilegalkan dan tiga tahun kemudian Liga Sepak Bola didirikan. Selama musim pertama, 12 klub bergabung dengan liga, tetapi tidak lama kemudian semakin banyak klub yang tertarik dan kompetisi akan berkembang menjadi lebih banyak divisi.

Untuk waktu yang lama, tim-tim Inggris akan dominan. Setelah beberapa dekade, klub-klub dari Praha, Budapest dan Sienna akan menjadi pesaing utama dominasi Inggris.

Seperti banyak hal dalam sejarah, wanita untuk waktu yang lama dikecualikan dari berpartisipasi dalam permainan. Itu tidak sebelum akhir abad ke-19 bahwa wanita mulai bermain sepakbola.

Kompetisi Pertama

Pertandingan sepak bola bersejarah dalam gambar. Tonggak sejarah lain sekarang harus diikuti. Football Association Challenge Cup (FA Cup) menjadi kompetisi penting pertama ketika dijalankan pada tahun 1871. Tahun berikutnya pertandingan antara dua tim nasional dimainkan untuk pertama kalinya. Pertandingan yang melibatkan Inggris dan Skotlandia berakhir 0-0 dan diikuti oleh 4.000 orang di Hamilton Crescent (gambar menunjukkan ilustrasi dari kesempatan ini).
Dua belas tahun kemudian, pada tahun 1883, turnamen internasional pertama berlangsung dan mencakup empat tim nasional: Inggris, Irlandia, Skotlandia, dan Wales.

Sepak bola sudah lama menjadi fenomena Inggris, tetapi lambat laun menyebar ke negara-negara Eropa lainnya. Pertandingan pertama yang terjadi di luar Eropa terjadi di Argentina pada tahun 1867, tetapi pekerja Inggris asing yang terlibat dan bukan warga negara Argentina.

Fédération Internationale de Football Association (FIFA) didirikan pada tahun 1904 dan undang-undang dasar ditandatangani oleh perwakilan dari Perancis, Belgia, Denmark, Belanda, Spanyol, Swedia dan Swiss. Inggris dan negara-negara Inggris lainnya tidak bergabung dengan FIFA sejak awal, mereka telah menemukan permainan dan tidak melihat alasan untuk tunduk kepada suatu asosiasi. Meski begitu, mereka bergabung di tahun berikutnya, tetapi tidak akan ikut Piala Dunia sampai 1950.

Liga domestik terjadi di banyak negara, yang pertama adalah Liga Sepak Bola Inggris yang didirikan pada tahun 1888. Liga-liga itu pada waktunya akan berkembang dengan lebih banyak divisi, yang didasarkan pada kinerja tim.

Pada 1908, sepak bola untuk pertama kalinya akan dimasukkan sebagai olahraga resmi di Olimpiade. Sampai Piala Dunia FIFA pertama dimainkan pada tahun 1930, turnamen sepakbola Olimpiade akan digolongkan sebagai yang paling bergengsi. Sepak bola wanita tidak ditambahkan sampai 1996.

Pemain Hitam

Seperti dalam banyak olahraga lainnya, pria kulit putih dominan untuk waktu yang lama. Dalam sepakbola, pemain hitam mulai hadir relatif lebih awal dan sebagai perbandingan, dengan, misalnya, tenis, sepak bola secara tradisional dikenal sebagai olahraga dengan campuran pemain hitam dan putih.

Di Inggris Andrew Watson dikenal sebagai pemain kulit hitam pertama, dan ia bermain di klub Skotlandia Queen’s Park di tahun 1880-an.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *